Spesifikasi terbaru dan terlengkap Acer Liquid Z410

Pada artikel kali ini saya akan sedikit mengulas tentang salah satu smartphone keluaran 2015 yakni Acer Liquid Z410. Acer Liquid Z410 merupakan smartphone yang dirilis oleh Acer. Ponsel pintar ini turut serta dalam  meramaikan jajaran smartphone dengan fitur koneksi berteknologi 4G LTE di Indonesia di tahun 2015 lalu. Acer memperkenalkan seri Acer Liquid Z410 ini pada januari 2015 lalu, meski tersedianya di Indonesia pada tiga bulan setelahnya. Tapi ponsel ini sudah tersedia di banyak counter didaerah. Acer Liquid Z410 ini pada peluncurannya digadang-gadang sebagai pesaing kuat untuk beberapa smartphone di kelas yang sama di vendor China lainnya, layaknya Asus dengan Asus Zenfone 5, Lenovo dengan seri Lenovo A6000 dan Xiaomi dengan Xiaomi Redmi 2. Kesemua seri ponsel tersebut memiliki range harga yang sama yakni harga 1 jutaan (kecuali asus zenfone 5 yang sedikit lebih mahal). Untuk yang termurah adalah Acer Liquid Z410 ini dengan hanya 1,3 jutaan.

Meski murah, kemampuan Acer Liquid Z410 ini dapat bersaing dengan beberapa seri ponsel diatas. Harga murah pada seri Acer Liquid Z410 ini hanya sebagai teknik marketing saja. Dan untuk spesifikasinya, ponsel Acer Liquid Z410 ini pun dibekali dengan komposisi software dan hardware yang tangguh. Pasalnya ponsel Acer ini dibekali dengan teknologi Chipset Mediatek MT6732 dan CPU Quad-core 1.5 GHz Cortex-A53 dengan arsitektur 64 Bit. Seri prosesor yang cukup untuk bersaing dikelas smartphone 4G LTE harga 1 jutaan. Lebih lanjut pemakaian RAM yang cukup besar dengan kapasitas 1GB RAM mampu membuat ponsel ini tetap stabil meski dibuat multitasking. Main game HD pun tak masalah karena sudah ada GPU dari Mali-T760MP2. Lalu untuk kepentingan kameranya sudah dibekali dengan dua buah kamera dengan lensa 5MP untuk kamera belakang dan 2MP untuk kamera depan. Sedangkan untuk supply dayanya dibekali dengan baterai berkekuatan 2000 mAh.

Ponsel Acer Liquid Z410 ini dibekali dengan panel layar dari teknologi IPS LCD Capacitive touchscreen yang mampu memproduksi warna hingga kekayaan 16 juta warna. Bentang layar ponsel Acer Liquid Z410 ini dibuat seluas 4,5 inchi dengan resolusi 540 x 960 piksel dan memiliki kerapatan piksel mencapai ~245 piksel per inchi. Tak hanya itu, fitur multi sentuh pun diberikan untuk menambah respon dan sensitifitas layar terhadap sentuhan. Fitur ini sangat berguna sekali untuk merespon banyak sentuhan sekaligus dilayar. Jadi kenyamanan saat main game lebih terasa.

Konektifitas Lengkap Dan Dukungan 4G LTE Dari sisi koneksi datanya, ponsel Acer Liquid Z410 ini didukung dengan teknologi koneksi data mutakhir dengan teknologi 4G LTE yang tahun 2015 lalu menjadi fitur andalan di semua vendor smartphone. Teknologi 4G LTE yang disematkan di ponsel ini bekerja dengan baik di sinyal LTE 800/1800/2100/2600 menjadikan banyak pilihan dan bisa disesuaikan dengan infrastruktur gelombang yang tersedia. Kecepatan koneksi data internetnya juga sudah sangat cepat dengan kecepatan maksimal 150 mbps pada download dan 50 mbps untuk upload.

Lalu, pada sektor transfer datanya sudah dilengkapi berbagai fitur diantaranya Wifi Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi hotspot dan Bluetooth Yes, v 4.00 serta USB microUSB v2.0. Dan untuk transfer data lokal tanpa kabel belum didukung teknologi NFC. Jadi kamu bisa gunakan bluetooth sebagai alternatif. Sebagaii ponsel low entry tak membuat Acer menjadikan Acer Liquid Z410 ini sebagai ponsel kelas murahan. Meski harganya memang murah, namun spesifikasi yang diberikan cukup untuk bisa bersaing dikelas harga yang sama. Ponsel Acer Liquid Z410 ini dibekali dengan sistem operasi berbasis android dengan versi O.S. Android OS, v4.4.2 (KitKat) versi android ini kabarnya masih bisa di upgrade ke versi paling baru v.5.0 Lollipop.

Lalu, untuk sisi hardwarenya dibekali dengan teknologi mesin dari Mediatek dengan Chipset Mediatek MT6732 ARM Cortex-A53, prosesornya bertenaga Quad-core dengan kecepatan prosesornya 1.5GHz dan ditambah prosesor grafis dari Mali-T760MP2. Menjadikan ponsel ini terasa nyaman untuk sekedar bermain game HD. Untuk menunjang kinerja ponsel juga sudah dibekali dengan RAM yang berkapasitas cukup besar, RAMnya 1GB. Kondisi RAM ini mampu menghandel banyak aplikasi sekaligus. Menjadikan kamu bisa mengerjakan banyaka aplikasi dalam waktu yang sama atau multitasking.

Untuk menopang semua daya yang dibutuhkan. Smartphone Acer ini sudah tersedia betarei tipe Li-Ion dengan daya berkekuatan 2000 mAh. Untuk ukuran ponsel low entry ukuran 2000 mAh sebenaarnya tidak terlalu kecil namun juga tidak besar. Dan untuk Acer ini masih belum mempunyai teknologi canggih sendiri yang berfungsi memanage konsumsi baterai jadinya baterainya hanya bisa bertahan selama 5 jam 30 menit saja jika digunakan untuk bicara. Dengan dibekali dua buah lensa kamera ini membuat Acer Liquid Z410 cukup bisa diandalkan untuk kebutuhan potografi. Kamu bisa menggunakan Acer Liquid Z410 ini untuk mengabadikan momen-momenmu. Pada sektor kamera belakang sudah dibekali dengan lensa berkekuatan 5 MP. Resolusi yang dihasilkan cukup besar dengan 2592 х 1944 pixels, autofocus, LED flash, Geo-tagging, touch focus, face detection, dual shot. Sedangkan untuk lensa depannya dibekali dengan lensa kamera berkapasitas 2 MP. Ukuran lensa ini standar, jadi tidak berbeda dengan mayoritas smartphone kelas low entry. Kamera depannya ini bisa kamu gunakan untuk kepentingan selfie dan groupie. Selain itu juga bisa kamu gunakan sebagai video chat ataupun video call.

Acer Liquid Z410 ini dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau. Pasalnya ponsel Acer Liquid Z410 ini memang ditujukan untuk kalangan bawah. Ponsel ini masuk dalam jajaran smartphone low entry dan bersaing ketat dengan banyak vendor smartphone diantaranya Xiaomi, Lenovo, Smartfren dll. Harga Acer Liquid Z410 per unit saat ini dibanderol sebesar Rp. 1,375,000. Dan sudah dilengkapi dengan berbagai spesifikasi yang mumpuni. Dengan harga yang ramah di kantong, kamu bisa mendapatkan smartphone dengan spesifikasi fitur 4G LTE. Lalu dibekali dengan layar 4,5 inchi dengan sistem operasi Android Kitkat. Pada mesinnya dibekali dengan teknologi Chipset Mediatek MT6732 Processor Quad-core 1.5 GHz Cortex-A53 dan dipadankan dengan Pengolahan Grafis Mali-T760MP2 lalu ditambah RAM 1GB dan memori internal 8GB. Bisa dikatakan bahwa ponsel ini bisa menjadi alternatif terbaik untuk smartphone dengan fitur 4G LTE di range harga 1 jutaan rupiah. Toh kameranya juga sudah 5 MP di lensa depannya, jadi sangat cocok buat kamu yang doyan main selfie. 


Kelebihan dan Kekurangan Acer Liquid Z410

Kelebihan Acer Liquid Z410

a. Mendukung fitur 4G LTE, teknologi 4G LTEnya mampu digunakan mencapai kecepatan 150 mbps download dan 50 mbps upload, dan memiliki fitur dual sim.
b. Dapur pacunya tergolong cepat mengandalkan CPU Quad Core 1.5 Ghz 64 Bit
c. Dibekali RAM yang cukup besar dengan 1 GB RAM, jadi untuk penggunaan multitasking bisa lebih leluasa, selain itu memori internalnya juga lumayan besar dengan 8 GB.
d. Kapasitas lensa kamera depannya besar dengan 5 MP lensa, sehingga memungkinkan untuk mengambil gambar selfie berkualitas baik.



Kekurangan Acer Liquid Z410

a. Belum ada fitur proteksi layar layaknya Corning Gorilla Glass
b. Daya tahan baterainya rendah, Kapasitas baterai kecil hanya 2000 mah dengan kemampuan hidup saat bicara cuma 5 jam.
c. Kamera utamanya termasuk kecil yakni hanya dibekali lensa dengan 5MP saja.
d. Tidak disediakan NFC

Nah itulah sedikit Review dari kami meskipun smartphone Acer Liquid Z410 ini bukanlah smartphone terbaru tapi setidaknya artikel ini dapat membantu Anda untuk memilih smartphone yang Anda inginkan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Spesifikasi terlengkap dari Xiaomi Mi A1

Spesifikasi terlengkap dari Smarthphone Oppo R5 S dilengkapi dengan beberapa kelebihan dan kekurangannya

Inilah spesifikasi lengkap dari Vivo V3 Max lengkap dengan kelebihan dan kekurangannya