Review, spesifikasi, kelebihan dan kekurangan dari Polytron Zap 5 2015

Pada kali ini saya akan membagikan artikel tentang Smarthphone milik politron. Produk yang rilis tahun 2015 ini diberi nama Polytron Zap 5. Polytron Zap adalah ponsel android  yang dirilis oleh perusahan elektronik lokal. Perusahaan asal Kudus ini bisa dibilang sangat baru dalam dunia smartphone, produk dan iklan dari polytron juga bisa dibilang tidak begitu bagus dan seperti asal-asal saja. Namun, semua hal diatas mungkin berbeda dengan satu ponsel yang diluncurkan paling baru yakni Polytron Zap 5.


Polytron Zap 5 ini mengususng teknologi koneksi terbaru yakni 4G LTE. Teknologi koneksi data generasi empat ini lagi digandrungi oleh masyarakat Indonesia meskipun pengembangan oleh operator seluler masih setengah-setengah dengan tarif yang tidak murah. Dengan infrastrukstur koneksi 4G yang masih terhitung baru, vendor smartphne Polytron tetap merilis produk ponsel pintar ke pasaran tanah air. Fitur terbaru ini menjadi salah satu unggulan di ponsel ini. Spesifikasi unggulan lain yang disertakan pada ponsel Polytron Zap 5 adalah sisi mesin pacu. Dapur pacu ponsel ini tidak bisa dipungkiri sudah tersusun dari hardware yang mempunyai kapasitas gahar. Dimulai dari teknologi mesin oleh chipset Qualcomm MSM8916 Snapdragon dan CPU dengan 4 inti, 410Quad-core 1.2GHz – ARM Cortex-A53 tentunya sudah berarsitektur 64bits membuat mesin siap untuk berpacu dengan performa yang mumpuni.

Porsi RAM yang disematkan pun juga terbilang besar, ponsel produk lokal ini dibekali dengan 1GB RAM. Dengan support memori internal 8GB. Dan mampu diekspansi mencapai 32GB. Untuk kameranya sudah didukung dengan dual kamera dengan porsi lensa 5MP untuk kamera utama dan untuk kamera selfie cuma di isi dengan lensa VGA. Polytron Zap 5 ini dibekali dengan layar dengan teknologi TFT touchscreen yang memiliki bentang lebar 4,5 inchi yang umum ada di ponsel kelas low entry. Resolusi yang disematkan pada layarnya terbilang cukup kecil yakni hanya 480 x 854 pixels. Kondisi layar yang beresolusi rendah ini sudah dibackup dengan fitur prosesor GPU yang bisa memaksimalkan tampilan ponsel menjadi lebih baik. Kedalaman layar Zap 5 ini memiliki kerapatan yang mencapai ~218 ppi. Untuk sektor mesin pacu memang menjadi poros yang bisa dibanggakan pada perangkat smartphone buatan lokal ini. Dengan harga yang murah kamu bisa dapat HP dengan performa mesin yang handal. Teknologi mesinnya dibekali dengan ala Qualcomm dengan seri MSM8916 Snapdragon 410, semakin mantab dengan 4 inti otak mesin yakni CPU Quad-core dengan kecepatan 1.2GHz, yang sudah 64bits. Juga didukung GPU Adreno 306.


Untuk menunjang performanya sudah dibekali dengan RAM 1GB. Porsi RAM sudah cukup besar dan mampu untuk digunakan multitasking. Urusan bermain game pun bisa lancar dan nyaman dengan porsi RAM 1GB. Namun untuk porsi baterainya masih terbilang kecil dengan hanya 1650 mAh jadi tidak bisa lama main gamenya. Untuk menampung file atau game juga sudah disiapkan 8GB sebagai kotak penyimpanan internal. Sistem operasi yang disematkan dalam ponsel ini adalah versi Android Kitkat 4.4.4, dan Polytron menjanjikan upgrade ke Android Lollipop pada pertengahan tahun 2015. Cukup menyejukkan ya. Ponsel 1 Jutaan sudah dipasangi OS Lolipop (setelah diupgrade). Sayang jika kamu tidak memasukkan ponsel ini kedalam daftar belanja.

Pada sektor koneksi data, Polytron Zap 5 menggunakan jaringan 800 MHz, 900 MHz, 1800 MHz, 1900 MHz, 2100 MHz, dan 2600 MHz. Untuk infrastruktur Indonesia, sudah mendukung karena untuk Indonesia sendiri khusus untuk jaringan 4G sudah disendirikan di jaringan 900 dan 1800 MHz. Lalu jika ditanya, apakah bisa menggunakan kartu Bolt ? Jawabannya jelas tidak bisa. Karena Bolt sendiri berjalan pada jaringan 2400 Mhz dan tidak didukung diponsel Polytron ini. Saat di test dengan jaringan LTE telkomsel, ponsel ini mampu melaju kencang dengan kecepatan intenet mencapai 24.5 Mpbs untuk download. Meski masih rendah, karena kecepatan maksimal yang bisa dicapai dengan teknologi HSDPA versi 3G juga mencapai 30-45 MBps untuk download. Kondisi ini bukan salah ponselnya, namun karena kualitas layanan di Indonesia yang masih belum optimal.

Kamera yang dibawa Polytron Zap 5 hanya dibekali lensa berkekautan 5 Megapixel, hal tersebut sangat wajar karena Harga Polytron Zap 5 yang dibanderol sangat murah. Kamera tersebut juga dilengkapi LED Flash dan Autofocus jadi tetap bisa memotret dengan kualitas foto yang bening walaupun di malam hari. Untuk merekam video, kualitasnya sudah cukup baik dengan video beresolusi HD.

Salah satu kelemahan ponsel ini adalah masih menggunakan kamera depan berlensa VGA, jadi kurang maksimal saat anda berfoto selfie bersama teman-teman anda. Lebih baik menggunakan kamera belakang untuk berfoto selfie, dan tetan menggunakan kamera depan untuk melakukan panggilana video call lewat Skype atau aplikasi sejenisnya.

Kelebihan Polytron Zap 5

1) Fitur utama mendukung koneksi 4G LTE
2) Dapur pacunya sudah mantab dengan 4 inti otak dalam mesin, Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410Quad-core 1.2GHz – ARM Cortex-A53 64bits
3) RAm besar 1GB sudah cukup untuk menjalankan berbagai aplikasi.
4) Android OS, v4.4 (KitKat), upgradable to Android 5.0 Lollipop, mendukung ribuan aplikasi yang sangat bermanfaat untuk ponsel.
5) Dual kamera, 5MP dan VGA
6) Dual SIM

Kekurangan Polytron Zap 5

1) Kamera depan masih berlensa VGA, kualitasnya rendah tidak sebagus rata-rata ponsel 2MP.
2) Resolusi layar rendah, tampilan kurang memukau

Nah itulah Review mengenai Smarthphone Polytron Zap 5. Jika ada saran ataupun kritik silahkan tinggalkan komentar anda. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Terimakasih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Spesifikasi terlengkap dari Xiaomi Mi A1

Spesifikasi terlengkap dari Smarthphone Oppo R5 S dilengkapi dengan beberapa kelebihan dan kekurangannya

Inilah spesifikasi lengkap dari Vivo V3 Max lengkap dengan kelebihan dan kekurangannya